Kamis, 09 Agustus 2012

makanan penyebab reumatik

Page Ranking Tool
Makanan Penyebab Rematik
Anda pastinya sudah mengenal penyakit rematik, penyakit yang biasanya diderita oleh orang lanjut usia ini bisa pula menyerang anda. Terlebih jika pola makan anda tidak dijaga.
Rematik disebabkan asam urat yang mengkristal dan menumpuk dalam persendian.  Pengkristalan asam urat ini bisa dipicu oleh purin yaitu zat organik yang ditemukan dalam makanan. Nah berikut ini adalah daftar makanan penyebab rematik yang perlu anda ketahui :
Daging dan Jeroan
Bagi anda pecinta kuliner, utamanya yang berbahan dasar daging dan jeroan seperti soto betawi, coto makassar, pallu basa, dendeng dan semacamnya perlu berhati-hati. Anda tetap bisa makan makanan ini namun dalam jumlah sedikit karena daging dan jeroan (hati,babat,lidah, otak) mengandung purin yang cukup banyak. Meskipun makanan ini enak namun anda perlu untuk membatasinya.
Sayuran Tertentu
Sayuran sebenarnya sangat baik untuk tubuh utamanya untuk kulit dan beberapa organ-organ tubuh. Namun untuk penderita rematik perlu membatasi konsumsi sayur-sayuran utamanya yang berbahan kacang-kacangan seperti kacang polong dan juga sayur-sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan kembang kol.
Gandum
Gandum sangat baik untuk jantung, namun gandum utuh juga memiliki kandungan purin yang cukup tinggi. Untuk itu konsumsi gandum anda juga sebaiknya dibatasi.
Makanan Seafood
Ini dia makanan yang lezat penuh selera dan pilihan masakan. Ada kepiting,udang,ikan kerang dan masih banyak lagi. Tapi tahukah anda jika seafood mengandung kadar purin yang tinggi. Utamanya untuk jenis kerang dan sarden dan beberapa jenis ikan lain. Anda tetap bisa mengkonsumsi seafood tetapi dalam jumlah terbatas atau jika anda penderita rematik berat sebaiknya hindari makan seafood.
Untuk mengobati asam urat, rematik biasanya dokter memberikan obat yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan penghilang rasa sakit. Namun mencegah lebih baik dari mengobati bukan? Jadi sebaiknya anda menghindari makanan penyebab rematik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih