Sabtu, 04 Agustus 2012

manfaat ikan laut bagi kesehatan

Page Ranking Tool
Manfaat Kandungan Gizi Ikan Laut
Kandungan gizi ikan sangatlah bermanfaat, terutama bagi anak-anak dan semua orang pada umumnya. Laut menyediakan berbagai macam ikan yang bisa kita makan. Hal ini lebih dikenal dengan istilah makanan sari laut atau seafood. Seafood digemari oleh banyak orang, mulai dari anak kecil, anak muda hingga orang tua. Namun anda perlu waspada semakin bertambahnya umur anda perlu membatasi konsumsi ikan laut. Ikan laut kaya akan zat yang banyak dibutuhkan oleh anak-anak dan remaja. Ikan laut baik untuk orang dewasa jika dikonsumsi pada batas wajar. Sebenarnya apakan sajakah gizi yang terkandung dalam ikan laut? Dan apa manfaatnya? Simak uraian berikut.
Manfaat Kandungan Gizi Ikan Laut #1: Selenium dan Taurin
Selenium merupakan zat yang penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat tiga manfaat selenium yang wajib kita ketahui. Manfaat yang pertama merupakan manfaat yang paling penting, yaitu selenium dapat mencegah rusaknya DNA karena radiasi atau bahan dan zat kimia. Yang kedua, selenium juga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh karena selenium dapat membantu tubuh memproduksi antioksidan. Sedangkan taurin sangat bermanfaat dalam menunjang fungsi kognitif dan fungsi retina.
Manfaat Kandungan Gizi Ikan Laut #2: Omega 3 dan 6
Manfaat kandungan gizi ikan laut yang sering kita dengar adalah adanya omega 3 dan 6. Zat ini sangat penting baik bagi anak-anak maupun dewasa. bagi janin, omega 3 sangat berperan dalam proses perkembangan otak. Bagi bayi atau anak, omega 3 memiliki fungsi, yaitu untuk meningkatkan fungsi penglihatan dan saraf bayi. Sedangkan omega 6 bagi anak memiliki dua fungsi penting, dapat memperbaiki dan menjaga pencernaan anak dan menunjang pertumbuhan anak. Bagi orang dewasa omega 3 dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Omega 3 juga dapat membunuh kolesterol jahat yang terdapat dalam tubuh sehingga menurunkan resiko stroke. Untuk omega 6, banyak manfaat yang kita dapatkan dari zat ini, diantaranya: menormalkan dan mengatur tekanan darah anda sehingga juga dapat mencegah terjadinya stroke dan serangan jantung, membantu tubuh membakar lemak sehingga berat badan selalu terjaga. Omega 6 juga baik untuk merawat kecantikan tubuh karena omega 6 dapat memperkuat jaringan kulit dan sekaligus melembabkan dan melembutkannya, membuat rambut jadi sehat dan merawat kuku. Omega 6 juga dapat membantu proses pemulihan luka dan meminimalisir alergi terhadap sesuatu.
Manfaat Kandungan Gizi Ikan Laut #3: Vitamin B Komplek
Selain nutrisi-nutrisi penting yang telah dijelaskan diatas, ikan laut juga kaya akan vitamin B komplek. Fungsi dari vitamin B yang umum kita kenal yaitu vitamin B sebagai sumber energi. Hal ini dikarenakan vitamin B komplek dapat membantu metabolisme karbohidrat. Selain itu vitamin B kompleks juga dapat membantu tubuh membentuk hormon dan membentuk sel darah merah. Ada banyak manfaat vitamin B kompleks yang perlu anda kenal, diantaranya, pertama: membantu tubuh menekan laju kolesterol jahat. Kedua, vitamin B kompleks juga dapat menurunkan stres dan membantu sistem saraf. Ketiga, vitamin B kompleks juga dapat meringankan resiko terhadap penyakit anemia karena vitamin ini membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Yang terakhir, jika anda lelah atau kekurangan energi, vitamin B kompleks dapat mengobati anda karena vitamin B merupakan sumber energy dan membantu mengurangi kelelahan.
Dengan mempelajari berbagai macam kandungan gizi yang terdapat pada ikan laut kita dapat mengambil kesimpulan ikan merupakan makanan sehat yang wajib kita makan. kandungan gizi ikan tidak hanya penting bagi menunjang pertumbuhan janin, bayi dan, anak-anak, tetapi baik juga untuk menjaga kesehatan orang dewasa karena kandungan gizi ikan dapat menurunkan resiko terhadap penyakit berat seperti jantung, diabetes, dan stroke.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih