Sabtu, 04 Agustus 2012

nutrisi ibu hamil

Page Ranking Tool
Nutrisi Ibu Hamil
Nutrisi ibu hamil berkaitan erat dengan konsumsi makanan pada saat hamil. Dalam hal ini yang diutamakan adalah makanan yang menyediakan zat penting yang diperlukan oleh pertumbuhan tubuh. Pada dasarnya kehamilan terjadi selama Sembilan bulan. Dalam dunia kesehatan dikenal dengan istilah tiga trimester kehamilan, yaitu waktu ibu mengandung selama Sembilan bulan yang kemudian dibagi menjadi tiga masa: masa kehamilan trimester 1 (0 sampai 12 minggu), masa kehamilan trimester 2 (13 sampai 27 minggu), dan trimester 3 (28 sampai 40 minggu). Apakah tiga trimester kehamilan itu penting untuk diperhatikan? Untuk menjaga perkembangan janin dan ketersediaan nutrisi bagi ibu dan janin anda perlu memperhatikan asupan gizi dan jenis-jenis makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil pada tiga trimester kehamilan yang perlu perhatian khusus yang mana akan dibahas pada artikel ini.
Nutrisi Ibu Hamil dan Makanan Yang Perlu Dihindari Pada Trimester 1
Trimester pertama merupakan tahap awal dimana pertumbuhan dan pembentukan janin dimulai. Pada masa ini janin memerlukan banyak nutrisi untuk itu dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang serba sehat dan menghindari makanan yang tidak sehat secara sungguh-sungguh. Dalam hal ini makanan yang wajib dikonsumsi ibu adalah makanan yang mengandung protein seperti susu dan makanan yang mengandung asam folat seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian. Asam folat dalam trimester pertama sangat baik untuk pertumbuhan otak janin. Sedangkan makanan yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung banyak pengawet dan lemak yang tidak sehat seperti junk food, makanan instan, dan minuman yang mengandung pemanis buatan.
Nutrisi Ibu Hamil dan Makanan Yang Perlu Dihindari Pada Trimester 2
Pada trimester kedua ini hal penting yang harus dilakukan ibu hamil adalah menjaga keseimbangan berat badan dan berusaha tetap mengkonsumsi makanan sehat. Dalam hal ini ibu hamil harus mengadakan evaluasi terhadap pola makanya. Untuk mempermudah melakukan proses evaluasi anda dapat melakukan checklist berdasarkan pada kriteria berikut: apakah anda menjaga nutrisi ibu hamil secara seimbang dan lengkap? apakah anda mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup, yaitu 60 gram setiap hari, apakah anda sudah mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi makanan berlemak tinggi, gula, dan garam yang berlebih karena makanan ini dapat merusak pertumbuhan janin. Apakah anda sudah mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran hijau sebanyak 7 porsi? Apakah anda juga sudah menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet seperti makan instan dan junk food?
Nutrisi Ibu Hamil dan Makanan Yang Perlu Dihindari Pada Trimester 3
Pada trimester terakhir, ibu harus menjaga pola makan agar sesuai dengan berat badan janin. Jika diyakini janin mencapai berat badan yang cukup, sedikit demi sedikit secara pelan-pelan ibu harus membatasi asupan nutrisinya. Hal ini penting karena pada trimester terakhir ini pertumbuhan janin mencapai yang tercepat dari trimester sebelumnya. Asupan nutrisi yang harus dikurangi ibu adalah asupan karbohidrat karena dapat menambah berat badan ibu dan kemudian ibu akan susah melahirkan. Pada saat hamil, ibu akan cenderung merasa cepat lapar, namun menjaga berat badan sangatlah pending. Untuk mendukung proses ini, dianjurkan pada ibu hamil untuk banyak minum air putih, yaitu minimal 8 gelas perhari. Selain itu ibu juga harus tetap memperbanyak konsumsi kalsium sebanyak 1000 miligram perhari untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang janin.
Artikel ini memberikan wawasan yang penting dalam menjaga asupan nutrisi bagi ibu hamil dan janin pada tiga trimester kehamilan. Jika anda memerlukan panduan mengenai beberapa makanan yang wajib terus dikonsumsi, dikurangi, atau makanan yang harus dihindari selama hamil anda dapat mengingat poin penting dari nutrisi ibu hamil dalam artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih