Sabtu, 04 Agustus 2012

artikel mencegah penyakit jantung

Page Ranking Tool
Mencegah Penyakit Jantung Dengan Menurunkan Kadar Kolesterol LDL
Penyakit jantung merupakan penyakit yang popular di dalam masyarakat karena penyakit ini juga kebanyakan menyebabkan kematian. Tingkat kesadaran masyarakat untuk memperhatikan kesehatan mempengaruhi perkembangan penyakit ini di dalam masyarakat. Secara umum penyakit ini muncul karena mengendapnya kolesterol berbahaya di dalam tubuh yaitu kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein). Oleh karena itu informasi mengenai Mencegah Penyakit Jantung Dengan Menurunkan Kadar Kolesterol Ldl merupakan hal yang perlu untuk kita ketahui.
Kolesterol merupakan kandungan lipoprotein dalam tubuh yang diproduksi di dalam hati manusia dan kadar kolesterol setiap individu ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi dan system metabolisme tubuh. Apakah anda tahu bahwa ada dua jenis kolesterol? Ada dua jenis kolesterol yaitu kolesterol HDL (High Density Lipoprotein) yang juga disebut dengan kolesterol baik dan kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) yang juga disebut dengan kolesterol jahat yang memicu penyakit jantung dalam tubuh manusia. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tingginya kadar kolesterol LDL bisa mengakibatkan terdepositnya plak di dinding – dinding pembuluh darah yang bisa menyumbat aliran darah dan menghambat aliran darah ke jantung.
Berikut Beberapa tips untuk mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL.
1. Perhatikan pola makan
Kontrol jumlah porsi makan anda. Jika anda melebihi porsi makanan yang sewajarnya anda konsumsi hal ini bisa meningkatkan jumlah kadar kolesterol dalam tubuh anda. Tips yang bisa kami berikan untuk mengontrol porsi makan adalah dengan kepalan tangan anda. Jangan makan makanan melebihi kepalan tangan anda.
2. Konsumsi makanan sehat untuk jantung anda
Hal ini penting untuk mencegah melonjaknya kadar kolesterol dalam tubuh anda. konsumsi makanan – makanan sehat penuh serat seperti sayuran dan buah – buahan. Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol LDL anda bisa mengkonsumsi buah dan sayuran kurang lebih lima hingga tujuh porsi dalam sehari. Buah – buahan dan sayuran banyak mengandung antioksidan yang sangat baik dan berperan dalam menurunkan kolesterol dalam tubuh anda. Selain itu anda bisa mengkonsumsi makanan yang bersumber dari laut. Biji – bijian juga bisa menjadi alternative makanan untuk memerangi kolesterol jahat LDL dalam tubuh. Contoh makanan biji – bijian adalah seperti sereal gandum atau oatmeal. Dalam biji – bijian terkandung beberapa karbohidrat kompleks dan serat tinggi yang bisa menunda rasa lapar. Contoh lain dari makanan biji – bijian adalah beras merah, tepung gandum, jagung dan popcorn.
3. Berolahraga
Mulailah berfikir untuk sedikit menyibukkan tubuh anda dengan melakukan gerakan – gerakn fisik untuk membakar kalori berlebih dalam tubuh anda. lakukan rutin setiap hari agar tubuh anda selalu segar dan bugar.
Nah, semoga informasi di atas bisa menjadi referensi anda dalam usaha mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol LDL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih