Sabtu, 04 Agustus 2012

cara mengobati dan mencegah bau mulut

Page Ranking Tool
Cara Membersihkan Lidah dan Faktor Utama Penyebab Bau Mulut
Cara Membersihkan Lidah dapat anda pelajari dengan cepat, demi menjaga kesempurnaan kondisi mulut anda. Jika selama ini anda sangat mempedulikan masalah bau mulut, maka lidah adalah salah satu bagian yang penting untuk anda jaga kebersihannya. Tentu saja, kebersihan gigi adalah utama, untuk menjaga mulut anda bebas dari bau, tetapi lidah sebagai pendamping juga perlu untuk diperhatikan supaya bakteri tidak tumbuh di atasnya.
Cara Membersihkan Lidah yang Mudah Dipraktekkan
Cara Membersihkan Lidah tidaklah rumit, dan dapat dilakukan bersamaan dengan menyikat gigi, anda cukup mengaplikasikan sekitar 1 cm pasta gigi pada sikat gigi yang biasa anda gunakan dan sudah dibasahi. Julurkan lidah anda, lalu cobalah untuk menjangkau bagian belakang yang paling dekat tenggorokan dengan sikat gigi tersebut. Tarik sikat gigi jika anda merasa tersedak, lalu coba ulangi lagi sampai anda menemukan titik awal terjauh yang tidak memancing anda untuk tersedak. Kemudian dari titik terdalam tadi, anda bisa menarik sikat gigi dengan sedikit ditekan ke arah ujung lidah anda. Bersihkan juga bagian samping lidah dengan cara yang sama, lalu buang pasta gigi yang tersisa di mulut anda. Sesudah bagian atas lidah anda bersih seluruhnya, bersihkan sikat gigi anda dengan air. Jika lidah anda terasa sakit, kemungkinan itu karena anda terlalu keras menyikatnya, kurangi tekanannya saat pembersihan berikutnya. Terakhir, anda dapat berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung anti bakteri.
Faktor Lain yang Sama Penting dengan Cara Membersihkan Lidah
Lidah anda juga dapat dibersihkan dengan memanfaatkan alat khusus yang disebut “tongue cleaner”. Pembersih lidah dapat menggantikan sikat gigi dan pasta gigi yang anda gunakan sebelumnya, dengan metode penggunaan yang sama. Selain usaha membersihkan lidah dan gigi secara rutin, bau mulut hanya dapat dituntaskan jika anda menghilangkan penyebabnya.
Ada tiga hal yang menjadi penyebab utama bau mulut, yaitu:
Adanya gigi berlubang, karang gigi, kerusakan pada gigi yang busuk tak terawat, sampai lidah yang tidak pernah dibersihkan.
Peradangan atau sakit pada saluran nafas, saluran cerna, dan beberapa penyakit umum lainnya seperti TBC atau diabetes.
Bau yang tertinggal dari makanan atau minuman yang baru anda konsumsi, termasuk dari rokok yang biasa anda hisap.
Memperhatikan ketiga faktor utama tersebut, sambil tetap mempraktekkan Cara Membersihkan Lidah dan gigi anda secara teratur, pasti akan menjauhkan anda dari masalah bau mulut yang mengganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih