Sabtu, 04 Agustus 2012

dampak negatif minuman ringan pada kesehatan

Page Ranking Tool
Pengaruh Minuman Ringan Terhadap Penyakit Asam Urat
Maraknya iklan minuman ringan atau softdrink di televisi membuat orang kadang menjadi lupa akan bahaya yang ditimbulkan dari minuman ringan tersebut. Seringkali minuman ringan ini dikonsumsi sebagai pelepas dahaga ketika berpergian. Rasa manis dan kesegaran minuman ringan membuat ketagihan untuk meminumnya. Baik tua maupun muda, menyukai minuman ringan ini.
Namun dibalik kesegeran minuman ringan tersebut, ternyata ada bahaya yang mengancam kesehatan. Kadar gula yang cukup tinggi dapat menyebabkan penyakit gula (Diabetes melitus). Disamping penyakit diabetes melitus, konon para ahli juga menyimpulkan bahwa minuman ringan dapat menyebabkan penyakit asam urat. Artikel yang berjudul “pengaruh minuman ringan terhadap penyakit asam urat” berikut ini akan mengulasnya.
Penelitian minuman ringan dengan penderita asam urat
Salah satu penyebab terjadinya asam urat yaitu tingginya konsumsi makanan yang mengandung purin cukup tinggi. Selain itu juga ada satu jenis minuman yang mengandung gula fruktosa yang cukup tinggi yaitu minuman ringan. Sebuah riset yang dilakukan oleh peneliti asal Kanada mengungkapkan bahwa mengkonsumsi minuman ringan manis dapat memperburuk keadaan. Sebanyak 46.393 pria di Kanada ikut serta dalam riset ini. Hasilnya sebanyak 755 pria mengalami gejala asam urat setelah mengkonsumsi minuman ringan manis.
Menurut salah satu peneliti dari Universitas British Columbia, Hyon K Choi MD PhD mengatakan bahwa bagi penderita yang mengkonsumsi minuman ringan manis akan menaikkan risiko asam urat sebanyak 35% setiap kali penyajian. Selain itu, peneliti juga mencatat berdasarkan jumlah frekuensi menenggak minuman. Penderita yang minum minuman ringan 2 atau lebih
akan beresiko mengalami asam urat sebanyak 85%. Sedangkan penderita yang mengkonsumsi minuman ringan 1 gelas setiap hari maka akan beresiko sebanyak 45% dan penderita yang mengkonsumsi 5-6 kali dalam seminggu akan berisiko mengalami asam urat sebanyak 29%.
Saran bagi penderita asam urat
Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa minuman ringan manis dapat meningkatkan resiko asam urat. Buruknya pengaruh minuman ringan terhadap penyakit asam urat disebabkan minuman ringan mengandung gula fruktosa yang dapat menghambat pembuangan asam urat yang pada akhirnya terjadinya pengendapan kristal di dalam tubuh yang dapat menyebabkan pembengkakan disertai keluhan rasa nyeri. Jika dibiarkan maka dapat merusak sambungan sendi dan nyeri yang kronis. Selain itu para ahli nutrisi juga sepakat bahwa minuman ringan tinggi fruktosa tidak mempunyai kandungan nutrisi yang penting.
Sebagai alternatif minuman ringan, dapat diganti dengan teh, kopi atau sirup rendah gula. Minuman air kelapa juga dapat sebagai pengganti kesegaran minuman ringan. Air kelapa juga dikenal dengan kandungan elektrolit yang cukup tinggi sehingga dapat mengganti cairan yang hilang di dalam tubuh dengan cepat. Perbanyak konsumsi air putih juga dapat membantu meredakan rasa nyeri yang disebabkan asam urat.
Demikian artikel tentang pengaruh minuman ringan terhadap penyakit asam urat. Ayo mulai dari sekarang membatasi konsumsi minuman ringan agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.  Selain sehat, minuman ringan merupakan produk negara asing sehingga sudah selayaknya untuk mengurangi produk negara asing dengan mengkonsumsi minuman tradisional asli Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih