Sabtu, 04 Agustus 2012

jenis-jenis diabetes

Page Ranking Tool
Jenis-Jenis Diabetes
Jenis-Jenis Diabetes tentu saja sangat penting untuk diketahui oleh kita semua. Diabetes adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Akan tetapi, sebagian besar dari kita tidak tahu tentang jenis – jenis penyakit diabetes itu sendiri serta tingkat bahayanya. Kita semua perlu mengetahui tentang penyakit diabetes sehingga kita dapat mengambil beberapa langkah kongkret untuk mencegah dan menyembuhkannya ketika penyakit yang cukup mengerikan ini menyerang. Berikut dua jenis diabetes yang diketahui dalam dunia kesehatan.
Diabetes Mellitus
Jenis diabetes ini diderita oleh mereka yang tubuhnya mengalami masalah dalam memproduksi hormone insulin yang berperan penting dalam metabolisme glukosa yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, akan terdapat kandungan glukosa yang tinggi pada urin yang dikeluarkan oleh penderita diabetes mellitus ini. Berikut jenis – jenis diabetes mellitus yang perlu anda ketahui;
1. Diabetes Mellitus Tipe 1
Diabetes mellitus tipe 1 ini cenderung ditularkan kepada penderitanya secara genetika atau karena faktor keturunan. Tipe 1 biasa diderita oleh mereka yang usianya masih relatif muda dan bahkan masih anak – anak. Penderita diabetes mellitus tipe 1 ini biasanya berbadan kurus dan selalu membutuhkan suntikan insulin agar metabolisme glukosa dalam tubuhnya dapat menjadi lebih normal. Proses metabolisme yang tidak berjalan normal membuat penderita diabetes mellitus tipe 1 ini juga sering menderita komplikasi penyakit yang disebut ketoasidosis; keracunan senyawa berbahaya yang disebut keton.
 2. Diabetes Mellitus Tipe 2
Diabetes mellitus tipe 2 merupakan salah satu dari  jenis – jenis diabetes yang disebabkan oleh gangguan hormon insulin di dalam tubuh para penderitanya karena mereka tidak mempunyai pola makan yang sehat, kegemukan atau obesitas, atau juga karena stres yang mereka derita dalam jangka panjang hingga produksi hormon terganggu.
3. Diabetes Mellitus Tipe 3
Diabetes mellitus tipe 3 cenderung baru ditemukan oleh para ahli di dunia kesehatan. Tipe 3 ini juga merupakan penyakit yang penyebab utamanya adalah gangguan produksi insulin. Tepatnya, insulin di dalam otak yang berperan sangat penting dalam mendukung cara kerja otak. Akibatnya, penderita diabetes mellitus tipe 3 ini akan menderita Alzheimer.
Diabetes Insipidus
Berbeda dengan diabetes mellitus, diabetes insipidus bukan merupakan gangguan hormon insulin melainkan hormone anti-diuretik. Penderitanya akan mengalami gangguan dalam keseimbangan jumlah urin dalam ginjal sehingga akan buang air kecil dalam jumlah yang banyak dan sering. Akibatnya, si penderita akan mengalami dehidrasi dan selalu merasa haus. Berikut jenis – jenis diabetes insipidus;
1. Diabetes Insipidus Sentral
Jenis ini disebabkan oleh kurangnya salah satu jenis asam amino yang bernama arginina di dalam vasopressin (hormon anti-diuretik). Akibatnya, hormone tidak bisa bekerja dengan baik untuk mendukung proses keluarnya urin dari ginjal.
2. Diabetes Insipidus Neufrogenis 
Pada diabetes insipidus tipe ini, keadaan ginjal tidak bisa merespon dengan baik hormon anti-diuretik yang ada. Akibatnya, urin yang keluar menjadi lebih encer dan banyak sehingga penderitanya akan lebih sering buang air kecil.
Jadi, penyakit diabetes tidak hanya penyakit kencing manis yang umumnya dikenal dalam masyarakat. Ketika, anda mengalami gangguan produksi urin; terutama produksi yang terlampau banyak, mungkin saja anda menderita salah satu dari jenis – jenis diabetes yang ada dan anda perlu konsultasikan hal ini ke dokter anda./

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih