Sabtu, 04 Agustus 2012

kandungan gizi telur

Page Ranking Tool
Kandungan Gizi Telur
Siapa yang tidak kenal dengan telur? Bahan makanan yang satu ini hampir setiap minggu atau bahkan setiap hari selalu ada dalam hidangan menu makan anda. Tidak bisa dipungkiri memang telur adalah bahan makanan yang sangat simpel namun banyak difavoritkan orang sebagai sumber makanan utama. Ya hampir tidak ada orang yang tidak suka dengan telur. Bahan makanan yang berbentuk lonjong, kenyal, berwarna putih dan memiliki isi berwarna kuning ini memang sangat enak dan menggemaskan untuk anda lahap bersama dengan nasi dan sambal.
Nah tahukah anda, dibalik rasanya yang enak dan bentuknya yang menggemaskan ini ternyata telur memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh anda? Coba saja anda lihat para body builder seperti Ade Rai ataupun Arnold Schwarzenegger, mereka memiliki tubuh yang sangat besar, kekar dan juga sehat. Mereka berdua mengatakan bahwa untuk mendapatkan tubuh seperti mereka dibutuhkan kerja keras, disiplin yang tinggi dalam berolahraga serta tidak lupa satu lagi adalah suplemen makanan yang bernama telur. Wah seperti apa ya Kandungan Gizi Telur ini?
Telur bisa dibilang sangat berbeda dengan jenis bahan makanan lainnya seperti ayam ataupun daging. Ini dikarenakan telur berharga sangat murah yaitu hanya sekitar Rp. 1000/biji atau Rp. 14000/kg-nya berbeda dengan ayam atau bahkan daging yang mencapai hingga lebih dari Rp. 50000/kg-nya. Meskipun berharga murah kandungan gizi telur tidak bisa diremehkan karena justru bahan makanan inilah yang memiliki kandungan asam amino paling lengkap dibandingkan kedua bahan makanan diatas. Berikut adalah daftar kandungan gizi yang ada pada 100 gram atau 2 buah telur ayam :
Untuk telur ayam
Mengandung Kalori sebesar             : 162     kcal
Mengandung Protein sebesar           : 12,8     gr
Mengandung Lemak sebesar           : 11,5     gr
Mengandung Karbohidrat Sebesar  : 0,7     gr
Mengandung Vitamin A Sebesar      : 900     SI
Mengandung Thiamin Sebesar         : 0,1    mg
Mengandung Vitamin C Sebesar      : 0
Untuk telur bebek
Mengandung Kalori sebesar             : 189     kcal
Mengandung Protein sebesar           : 13,1     gr
Mengandung Lemak sebesar            : 14,3     gr
Mengandung Karbohidrat Sebesar   : 0,8     gr
Mengandung Vitamin A Sebesar     : 1230     SI
Mengandung Thiamin Sebesar        : 0,18    mg
Mengandung Vitamin C Sebesar     : 0
Untuk telur penyu
Mengandung Kalori sebesar           : 144     kcal
Mengandung Protein sebesar         : 12     gr
Mengandung Lemak sebesar          : 10     gr
Mengandung Karbohidrat Sebesar : 0     gr
Mengandung Vitamin A Sebesar    : 600     SI
Mengandung Thiamin Sebesar       : 0,11    mg
Mengandung Vitamin C Sebesar    : 0
Nah dari ketiga jenis telur diatas sudah bisa dilihat bahwa Kandungan Gizi Telur cukup berimbang apalagi bahan makanan yang satu ini memiliki tingkat karbohidrat yang sangat kecil (bahkan tidak ada pada telur penyu). Ini membuktikan bahwa telur adalah bahan makanan yang sangat bersahabat bagi para penderita diabetes dan harus diikutsertakan jika anda makan dengan nasi yang berkarbohidrat cukup tinggi.
Mungkin jika anda penyuka telur, anda akan merasa ada yang kurang jika melihat daftar diatas ini. Tahukah anda apakah itu? Ya, Telur Puyuh. Memang telur puyuh ini bisa dibilang memiliki protein yang tinggi tapi hanya jika dikonsumsikan pada balita dan anak yang menjelang dewasa, selain itu anda harus sangat berhati-hati. Mengapa? Ini dikarenakan telur puyuh adalah bahan makanan yang memiliki kadar kolesterol paling tinggi dibandingkan dengan beberapa bahan makanan lainnya. Dan ingat jika kolesterol anda sangat berlebih, maka akan semakin mudah anda terserang stroke dan penyakit jantung.
Kandungan Gizi Telur memang sangat baik bagi tubuh anda, akan tetapi jangan sampai mengkonsumsi secara berlebihan karena selain kurang ada variasi makanan yang masuk ke dalam tubuh anda, juga bisa menyebabkan beberapa gangguan yang sering terjadi seperti gatal-gatal dan juga bisul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih