Jumat, 03 Agustus 2012

MANFAAT RUMPUT LAUT BAGI KESEHATAN

Page Ranking Tool
Saat ini Rumput laut banyak sekali dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan hidup, terutama dapat diolah menjadi minuman segar yang bermanfaat dan rasanya juga enak.

Tapi tahukah ladies bahwa betapa penting dan banyaknya vitamin dan mineral yang ditawarkan rumput laut untuk kesehatan kita ?.Salah satunya untuk kesehatan tulang.

Yuk kita simak vitamin dan mineral yang terkandung dalam rumput laut :
Vitamin A

Rumput laut berguna untuk visi, kesehatan mata, selain berguna untuk membantu tubuh melawan penyakit dari virus dan bakteri, kanker dan tulang.

Karena vitamin A selain memainkan peranan penting dalam pertumbuhan jaringan sel baru, juga membantu memastikan kesehatan tulang dengan mengganti jaringan yang rusak.

Vitamin A menghasilkan mineral yang disebut Kalsium Fosfat yang mencegah partikel padat dari pembentukan dalam tubuh, juga membantu menjaga kesehatan kulit, sehingga rumput laut ini sangat banyak digunakan untuk bahan kosmetik.

Vitamin A adalah antioksidan vitamin B1
Vitamin B2

Vitamin B2 membantu mengubah makanan di dalam tubuh menjadi energy, membantu produksi hormon dan membantu sel darah merah untuk tetap sehat.
Vitamin B3

Rumput Laut mengandung Vitamin B3 yang berguna untuk mengkonversi makanan menjadi energy seperti semua vitamin B, juga bertanggung jawab membantu system syaraf untuk berfungsi dengan baik, menjaga kesehatan pencernaan dan sirkulasi darah.
Vitamin B6

Menjaga kesehatan sel darah merah
Vitamin B12

Membantu mencegah penyakit jantung,memperkuat system kekebalan tubuh, juga membantu sel darah merah tetap sehat.
Vitamin C

Vitamin C dalam rumput laut mengandung antioksidan seperti vitamin A, juga menjaga kekuatan tulang dan gigi,gusi, kesehatan kulit dan juga membantu untuk penyembuhan luka,dan memperkuat pembuluh darah.
Vitamin D

Membantu pertumbuhan kekuatan tulang dan gigi,membantu menurunkan kolesterol.jika tingkat vitamin D rendah dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah dan resiko penyakit kardiovaskular,juga mempercepat osteoporosis.
Vitamin E

Membantu produksi sel darah merah,memperlebar pembuluh darah yang mencegah penggumpalan darah.

Rumput laut juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang. Tahukah ladies..bahwa sebenarnya kalsium itu adalah mineral yang paling berlimpah ditemukan dalam tubuh kita ?

Susu dan produksi susu lain seperti keju, yogurt merupakan salah satu sumber alami yang mengandung vitamin D sebagai sumber penyerapan kalsium. Sementara suplemen kalsium yang umum digunakan adalah kalsium karbonat , kalsium sitrat, dan kalsium laktat. Namun kalsium sitrat cendrung lebih mahal dan tidak mengandung unsur kalsium sebanyak kalsium karbonat .

Karenanya asupan kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang.Rendahnya tingkat kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan osteoporosis.Ketidakcukupan kalsium darah juga dihubungkan dengan tekanan darah tinggi, sehingga masih diteliti apakah supplemen kalsium justru bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Dan ternyata sayuran laut seperti rumput laut dan hiziki mengandung kalsium sekitar 5X lebih banyak dibandingkan susu.Dan juga sangat membantu untuk menjaga kesehatan kuku,tulang,rambut, gigi dan metabolisme dalam tubuh.

Selain Rumput laut makanan lain yang sering ditemukan dan banyak mengandung kalsium disekitar kita adalah temped an tahu,minuman kedelai.


Fakta dan Manfaat Kesehatan Nutrisi kalsium
Kalsium bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara kesehatan tulang dan gigi.Garam kalsium membentuk sekitar 70% berat tulang dan memberikan kekuatannya. Jika rendah tingkat kalsium cenderung memiliki tekanan darah tinggi.
Kalsium meningkatkan suasana hati pramenstruasi. Cukup kalsium dapat meringankan gejala sindrom pramenstruasi PMS karena kalsium pengatur hormon.
Dosis gram kalsium dapat menyebabkan kadar kalsium darah meningkat , menyebabkan deposit kalsium pada jaringan lunak, seperti jantung dan ginjal.
Kadar kalsium darah yang tinggi dapat menyebabkan jantung atau kegagalan paru-paru.
Kalsium sitrat-malat- baik diserap sebagai kalsium tambahan.

Jadi terbukti rumput laut merupakan salah satu tanaman yang paling kaya nutrisi, dan tentunya bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih