Sabtu, 04 Agustus 2012

sumber karbohidrat terbaik

Page Ranking Tool
Cara Memilih Karbohidrat Yang Baik
Untuk memperoleh tubuh yang langsing harus memperhatikan nutrisi yang masuk kedalam tubuh, salah satu nutrisi tersebut adalah karbohidrat. Karbohidrat adalah sumber energi yang diperlukan oleh tubuh, namun demikian karbohidrat juga menyebabkan kegemukan apabila tidak memperhatikan jenis karbohidrat yang dikonsumsi dan kandungan didalamnya.
Walaupun demikian dalam melakukan diet tidak boleh menghilangkan jenis nutrisi ini, karena karbohidrat sumber tenaga kegiatan kita sehari-hari. Cara yang tepat adalah memilih karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi sehingga nutrisi tercukupi namun tidak berdampak kegemukan.
Berbagai jenis karbohidrat yang dikenal dikalangan umum yaitu beras putih, beras merah, kentang, oatmeal, dll. Masing-masing jenis karbohidrat tersebut mempunyai glycemic Index atau disebut juga indeks glikemik. Indeks ini menunjukkan kecepatan penyerapan karbohidrat oleh tubuh. Semakin tinggi indeks, semakin cepat pula penyerapannya. Semakin cepat tubuh menyerap maka semakin cepat kalori tinggi yang masuk dalam tubuh sedangkan tubuh memproses kalori secara perlahan-lahan sehingga hal ini mengakibatkan penumpukan lemak. Karena kalori yang berlebih akan disimpan sebagai cadangan lemak (sumber dunia fitness.com)
Jadi bagaimana membedakan indeks yang rendah dengan yang tinggi. Yang membedakan adalah kandungan seratnya, semakin berserat maka akan semakin rendah indeksnya, semakin lama kita mencernanya begitu pula sebaliknya. contoh : sebuah apel dan segelas jus apel, manakah yang membuat cepat lapar kembali? tentu saja jus sebab kandungan serat telah dihancurkan oleh blender
Dan yang terbaik untuk diet adalah karbohidrat yang indeks glikemiknya kurang dari 55. Coba bandingkan berash merah dan beras putih. Indeks glikemik beras putih 64 sedangkan beras merah hanya 50.
jadi pilihlah karbohidrat yang indeks glikemiksnya rendah seperti beras merah dan outmeal supaya tubuh mencerna lebih lama sehingga tidak ada penumpukan kalori. Setelah memahami hal ini tentunya diet akan terasa lebih mudah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih