Sabtu, 04 Agustus 2012

tips merawat kulit berminyak

Tips Merawat Kulit Berminyak
Wajah dengan kulit berminyak biasanya ditandai dengan permukaan kulit yang terlihat mengkilat, kusam dan pori-pori besar. Hal ini tentu saja akan mengganggu penampilan, khususnya bagi kaum wanita. Apalagi jika ditambah dengan masalah jerawat, tentu saja penampilan Anda akan semakin jauh dari harapan.
Ada beberapa faktor yang memicu timbulnya kulit berminyak, seperti faktor gen atau keturunan, pola makan yang tidak seimbang dan faktor hormonal. Pola makan yang tidak seimbang antara gula, air dan garam merupakan faktor yang menyebabkan kulit berminyak. Sedangkan faktor hormonal biasanya terjadi pada masa pubertas atau masa kehamilan. Pada masa-masa tersebut terjadi perubahan hormonal yang tidak menentu, sehingga bisa menyebabkan masalah kulit berminyak dan jerawat. Sedangkan faktor utama penyebab kulit berminyak adalah faktor gen atau keturunan. Walaupun faktor gen ini tidak dapat disembuhkan, tapi paling tidak kita tetap harus melakukan perawatan kulit berminyak dengan benar. Dengan melakukan perawatan yang benar dan kontinyu, efek dari kulit berminyak seperti kulit kusam, jerawat dan komedo bisa diminimalisir.
Berikut ini beberapa tips merawat kulit berminyak :
Melakukan diet sehat dan seimbang. Konsumsi sayur dan buah-buahan. Hindari minuman bersoda, alkohol, gula, coklat dan makanan cepat saji.
Bersihkan wajah secara teratur 2 kali sehari dengan pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit dan memiliki pH seimbang.
Gunakan air hangat untuk membasuh wajah.Jangan gunakan air panas karena justru akan menghilangkan semua minyak, akibatnya wajah menjadi kering.
Pilih kosmetik dari bahan alami dan berbahan dasar air.
Minum cukup air putih. Kulit yang kekurangan cairan cenderung menjadi kering dan akan memproduksi lebih banyak minyak di wajah.
Rileks dan hindari stres. Stres bisa menimbulkan masalah pada kulit. Pada kulit berminyak stres akan menimbulkan masalah jerawat dan komedo.
Gunakan masker wajah untuk kulit berminyak, seperti masker tomat, masker mentimun atau masker tanah liat.
Hindari penggunaan pelembab yang berlebihan karena hanya akan menutupi pori-pori dan membuat kulit semakin berminyak.
Hindari penggunaan toner yang mengandung kadar alkohol tinggi. Kandungan tersebut memang bisa membuat kulit segar dan bebas minyak, namun hanya dalam jangka pendek. Kadar alkohol yang tinggi hanya akan membuat wajah berjerawat.
Page Ranking Tool

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih