Sabtu, 04 Agustus 2012

tips menjaga kesehatan mulut

Page Ranking Tool
Tips Menjaga Kesehatan Mulut
Menjaga kesehatan mulut merupakan suatu keharusan jika kita sering berhadapan dengan orang lain. Apalagi jika profesi Anda berhubungan langsung dengan klien seperti customer service, teller bank, pengacara, pengajar dan lain sebagainya. Singkat kata memiliki mulut yang sehat dan segar merupakan idaman setiap orang. Pada artikel kali ini kita akan mengupas tentang tips menjaga kesehatan mulut. Menjaga kesehatan mulut membutuhkan keuletan dan kedisiplinan Anda dalam membersihkan mulut. Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan mulut :
1. Gosoklah gigi Anda sesudah makan dan sebelum tidur.
Ketika Anda selesai makan atau sebelum tidur, kebanyakan sisa-sisa makanan berada di sela-sela gigi yang dapat menyebabkan berkembangnya bakteri penyebab bau mulut. Oleh karena tu gosoklah gigi Anda di dua waktu tersebut. Selain itu, gosok pula lidah Anda untuk memastikan tidak adanya lendir sisa-sisa makanan yang ada di mulut. Dengan demikian peluang berkembangnya bakteri penyebab bau mulut menjadi berkurang. Disarankan pula Anda untuk memakai obat kumur setelah menggosok gigi untuk mematikan bakteri baik yang ada di mulut maupun yang ada di tenggorokan.
2. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari.
Selain untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, ternyata air putih juga dapat mengatasi bau mulut tak sedap. Hal itu disebabkan karena air putih dapat membasahi lidah dan mulut hingga basah yang pada akhirnya dapat menetralisir bau akibat berkembangnya bakteri.
3. Periksalah kesehatan gigi Anda secara berkala Selama 6 bulan sekali
Anda periksakan kesehatan gigi Anda. Apabila dijumpai gigi berlubang segeralah Anda menambalnya. Gigi berlubang merupakan sumber tersangkutnya sisa-sia makanan di mulut. Padahal ketika Anda menggosok gigi, sikat gigi Anda tidak dapat menjangkau daerah tersebut. Akibanya timbullah bakteri penyebab bau mulut.
4. Hindari makanan yang dapat menyebabkan terjadinya bau mulut
Banyak sekali makanan yang dapat menghasilkan gas yang kurang sedap pada mulut, seperti : petai, jengkol, daging, durian dan bawang. Diharapkan Anda tidak merokok dan minum alkohol karena dapat memperburuk bau pada mulut. Kunyahlah permen karet tanpa gula yang dapat merangsang terbentuknya air liur jika Anda tidak sempat untuk menggosok gigi ketika bekerja misalnya.
5. Olahragalah secara rutin
Berolahragalah secara rutin karena tubuh dapat mengeluarkan berbagai racun termasuk zat penyebab bau mulut melalui keringat. Demikian tips menjaga kesehatan mulut. Semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan mulut. Ingat, kedisiplinan Anda dalam menjaga mulut adalah kunci utama dalam keberhasilkan menjaga kesehatan mulut. Selamat mencoba!

2 komentar:

  1. Setelah membaca Artikel ini, semoga orang bisa lebih memperhatikan kesehtan gigi dan mulutnya, terimakasih gan

    BalasHapus

mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih