Cara Mudah Mengoptimalkan
Pelayanan Bagi Pelanggan
Istilah pelanggan adalah raja,
tentu sudah tidak asing lagi di telinga para pelaku usaha. Baik itu para
produsen barang maupun penyedia jasa, semuanya saling berlomba memberikan
pelayanan prima untuk memuaskan para pelanggannya.
Kondisi inilah yang secara tidak
langsung mendorong para pelaku usaha untuk semakin kreatif dan inovatif dalam
merebut hati pelanggan. Sebab, apabila mereka lengah dengan persaingan yang
ada, tidak menutup kemungkinan bila pelanggan yang Anda dimiliki juga akan
berpaling ke perusahaan lain yang menawarkan pelayanan lebih menarik.
Nah, untuk menghindari
kemungkinan buruk seperti di atas. Pada kesempatan kali ini akan kami
informasikan beberapa cara mudah mengoptimalkan pelayanan bagi pelanggan, yang
bisa Anda terapkan dalam menjalankan usaha.
1. Senyuman menjadi sambutan hangat yang mudah
dilakukan.
Terkadang sebagian besar pelaku
usaha melupakan arti sebuah senyuman bagi para konsumennya. Padahal, para
konsumen yang datang ke tempat Anda tidak hanya membutuhkan produk atau jasa
yang Anda tawarkan, namun mereka juga ingin mendapatkan pelayanan terbaik
sebelum mereka melakukan transaksi pembelian. Karena itu, jangan pernah
kecewakan pelanggan Anda dengan membiasakan diri untuk selalu memberikan
sambutan hangat kepada para pelanggan melalui sebuah senyuman. Ajarkan pula
kebiasaan ini kepada para karyawan Anda, agar para konsumen merasa senang dan
nyaman untuk bertransaksi di perusahaan Anda.
2. Pahami kebiasaan pelanggan
Setiap konsumen pasti akan senang
apabila nama dan kebiasaannya dipahami para pelaku usaha. Oleh sebab itu, tidak
ada salahnya bila Anda mencatat nama para konsumen dan mengingat kebiasaan yang
mereka sukai. Misalnya saja Anda menjalankan bisnis rumah makan, maka Anda bisa
mencatat nama konsumen di daftar pesanan yang mereka tulis dan ketika
mengantarkan orderannya, Anda bisa menyapa nama mereka sembari mengucapkan
selamat menikmati hidangan tersebut. Dengan pelayanan seperti ini, konsumen
merasa benar-benar dihargai dan tidak ragu lagi untuk kembali mengunjungi
restoran Anda di waktu-waktu yang akan datang.
3. Jangan abaikan sopan santun
Meskipun Anda menjadikan konsumen
sebagai teman dekat Anda, namun jangan pernah mengabaikan sopan santun dalam
memberikan pelayanan. Gunakan kata-kata sopan seperti “Tolong”, “Terimakasih”,
“Permisi, ada yang bisa saya bantu”, serta bersikaplah dengan baik agar
tercipta sebuah keakraban antara pelaku usaha dan konsumennya.
Kepuasan yang didapatkan para
konsumen, menjadi salah satu aset perusahaan yang cukup penting untuk membangun
kepercayaan pelanggan.Tidak heran bila banyak orang mengatakan, ketika seorang
pelanggan merasa puas dengan dengan pelayanan yang Anda berikan, maka
selanjutnya mereka tidak akan sungkan untuk menginformasikan pengalaman yang
didapatkannya kepada handai taulan di sekitarnya (strategi pemasaran word of
mouth). Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih