5 Kunci Keberhasilan Seorang
Sales
Pasang surut penjualan, tentu
pernah dirasakan para pelaku pasar. Menghadapi kondisi tersebut, tak jarang
para marketer maupun tenaga penjualan (sales) dituntut untuk lebih aktif dan
kreatif dalam memasarkan produk-produknya.
Mengingat dunia marketing sangat
dinamis dan penuh tantangan, para sales pun harus pintar-pintar mencari peluang
dan menghasilkan omset penjualan yang cukup besar. Karena itu, untuk
mendongkrak penjualan produk para sales ataupun pelaku pasar, pada kesempatan
kali ini akan kami informasikan 5 kunci keberhasilan seorang sales yang perlu Anda
perhatikan dengan seksama.
Pertama, biasakan diri Anda
menjadi seorang pemenang. Ketatnya persaingan pasar dan besarnya resiko yang menghadang
di depan mata, menuntut para pelaku pasar untuk bisa bertahan sebagai pemenang.
Karenanya, biasakan pribadi Anda menjadi seorang pemenang. Agar setiap hambatan
maupun tantangan yang hadir di depan mata bisa Anda selesaikan dengan maksimal.
Kedua, jeli melihat pasar dan
ciptakan sebuah peluang. Bisa dikatakan insting seorang sales sangatlah tajam,
Ia selalu jeli dalam melihat pasar dan menciptakan peluang dalam berbagai
kesempatan. Bagi mereka, pintu rumah yang tertutup pun bisa menghasilkan sebuah
peluang bila kita menyampaikan informasi pemasaran produk dengan strategi yang
tepat. Jadi, posisikan diri Anda sebagai teman dekat bagi konsumen Anda, dan
penuhi kebutuhan yang mereka cari.
Ketiga, berjiwa besar dan berani
melawan kegagalan. Bagi seorang sales, kegagalan maupun penolakan dalam
memasarkan produk sudah menjadi bumbu penyedap bagi kegiatan mereka setiap
harinya. Untuk itu, sebagai seorang pelaku pasar Anda juga dituntut untuk
berjiwa besar dan jangan pernah berkecil hati dalam menghadapi kegagalan,
pastikan Anda selalu mengutamakan kepentingan konsumen dan memberikan pelayanan
prima bagi mereka dalam kondisi maupun cuaca apapun.
Keempat, perluas networking
(jaringan). Tak bisa kita pungkiri bila networking menjadi salah satu modal
atau aset berharga bagi seorang sales maupun pelaku pasar lainnya. Semakin luas
jaringan bisnis yang Anda bangun, maka semakin besar pula peluang sukses yang
telah Anda rencanakan di masa-masa yang akan datang. Jadikanlah orang-orang
yang ada di sekitar Anda sebagai relasi bisnis potensial yang akan membantu
Anda mencapai puncak keberhasilan.
Kelima, lakukan evaluasi secara
rutin. Tingginya persaingan pasar dan besarnya resiko kegagalan yang sering
menghantui para pelaku pasar, menuntut mereka untuk bisa melakukan perbaikan
secara bertahap. Baik itu mengevaluasi setiap tindakan positif yang telah
diselesaikan, maupun mengevaluasi kesalahan-kesalahan dalam setiap proses
penjualan.
Ingat, keberhasilan seorang sales
tidak hanya bergantung dari kualitas produk yang mereka jual, namun
keberhasilan tersebut juga tergantung dari kualitas skill dan pengetahuan
individu yang memasarkannya. Semoga informasi tips pemasaran yang mengangkat
lima kunci keberhasilan seorang sales ini bisa memberikan manfaat bagi para
pembaca dan menginspirasi seluruh pelaku pasar di Indonesia untuk bisa
mengoptimalkan pemasaran produknya. Maju teus UKM Indonesia dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih