Prinsip Pemasaran Untuk Mendongkrak Penjualan
Menyusun strategi pemasaran merupakan salah satu kegiatan
utama yang wajib diperhatikan seorang pelaku usaha. Tanpa adanya perencanaan
yang matang, bisa dipastikan bila pemasaran bisnisnya kurang berjalan dengan
optimal dan akhirnya kalah tempur di tengah ketatnya persaingan pasar. Tentu
kondisi seperti ini sering kita alami dalam merintis peluang usaha baru.
Karena itu, untuk bisa mendongkrak penjualan produk, penting
bagi para pemula untuk memahami terlebih dahulu beberapa prinsip pemasaran yang
wajib dikuasai pelaku pasar untuk mendatangkan banyak penjualan.
Lalu, apa saja prinsip pemasaran yang dibutuhkan para pelaku
pasar untuk mendongkrak penjualan produknya? Berikut informasi selengkapnya.
1. Bangun brand produk sebelum Anda menjualnya
Dalam memasarkan sebuah produk, tak jarang para pelaku usaha
langsung melemparkannya ke pasaran tanpa memperhatikan brand produk yang mereka
pasarkan. Padahal, pemakaian brand (merek) cukup penting dalam memasarkan
sebuah produk. Tanpa reputasi atau pencitraan yang baik, bisa dipastikan bila
para pelaku usaha bakal kesulitan memasarkan produk-produknya. Sebab, konsumen
belum mengenal brand Anda dan belum yakin dengan kualitas produk yang
ditawarkan.
2. Mengenal target potensial
Sebagai pelaku pasar, tentunya Anda harus jeli dan teliti
dalam mengenali target (calon konsumen) yang akan Anda bidik. Hal ini sangatlah
penting, agar Anda tidak menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya untuk
menawarkan sebuah produk kepada mereka yang bukan termasuk target pasar Anda.
Contohnya saja bila Anda hendak memasarkan mainan anak, maka sebelumnya Anda
harus benar-benar paham siapa saja target pasar yang bisa Anda bidik untuk
mendatangkan penjualan.
3. Membuat jadwal promosi
Kesuksesan strategi pemasaran tidak dapat diraih dalam waktu
sehari ataupun dua hari. Dibutuhkan perencanaan yang matang serta komitmen yang
cukup besar dari para pengusaha untuk bisa memasarkan produknya dengan
maksimal. Karena itu, para pengusaha dituntut untuk membuat perencanaan
pemasaran (jadwal promosi) yang bisa berjalan secara rutin setiap harinya.
Misalnya saja dimulai dengan mempersiapkan bahan presentasi, membuat jadwal
harian berpromosi online maupun offline, melakukan follow up calon konsumen
setiap minggunya, memperluas networking secara rutin, dan lain sebagainya.
4. Jangan pernah memaksa para konsumen
Meskipun Anda ingin memenuhi target pasar yang telah
ditentukan, namun jangan pernah memaksa para calon konsumen untuk membeli
produk yang Anda tawarkan. Perlakukanlah para konsumen seperti Anda ingin
diperlakukan orang lain, dan jangan sekali-kali memohon konsumen hingga
berlebihan, karena strategi tersebut bisa merusak nama baik perusahaan Anda dan
hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi para calon konsumen.
5. Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen
Pada dasarnya setiap konsumen tidak hanya membutuhkan produk
atau jasa yang ditawarkan para pelaku pasar. Namun mereka membutuhkan sebuah
solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang mereka hadapi. Karena itu,
jadilah problem solver bagi setiap konsumen Anda dan berikan pelayanan prima
bagi mereka yang membutuhkan produk Anda. Contoh sederhana bisa kita lihat dari
kebiasaan para ibu rumah tangga yang mencari produk deterjen kualitas unggul
untuk membantu mereka dalam menghilangkan noda-noda di pakaian kotor.
Nah, semoga kelima prinsip pemasaran untuk mendongkrak
penjualan yang telah kita bahas pada pekan ini bisa memberikan manfaat bagi
para pembaca dan menginspirasi para pemula untuk menyusun strategi pemasaran
dengan optimal. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih