Menumbuhkan Intrapreneurship
Dalam Diri Karyawan
Tak bisa kita pungkiri bila peran
karyawan sangatlah besar dalam memajukan perusahaan. Tanpa adanya partisipasi
dari para karyawan, bisa dipastikan tujuan besar perusahaan tidak bisa tercapai
dengan maksimal. Faktor inilah yang perlu diperhatikan dengan baik oleh para
pemimpin perusahaan. Sebab, dukungan sumber daya manusia yang berkualitas bakal
menjadi salah satu tiang penyangga bagi pergerakan roda bisnis yang akan Anda
jalankan kedepannya.
Melihat persaingan pasar yang
semakin kompetitif, sekarang ini tidak hanya bakat dan keterampilan SDM saja
yang perlu diperhatikan para pemimpin perusahaan. Mereka juga mulai dituntut
untuk menumbuhkan intrapreneurship dalam diri karyawan, agar bisnisnya bisa
berkembang lebih inovatif dan memiliki daya saing yang cukup tinggi
dibandingkan kompetitor lainnya.
Yang dimaksudkan dengan intrapreneurship
sendiri adalah jiwa kewirausahaan yang biasanya dipraktekan dalam tubuh sebuah
organisasi, dimana setiap elemen di dalamnya dituntut untuk menjadi para
intrapreneur (orang yang tidak sekadar menjadi pelaksana dari kebijakan
perusahaan, namun juga memiliki jiwa kewirausahaan, berinisiatif melakukan
suatu tugas tertentu karena tuntutan dari dalam dirinya sendiri, serta berani
mengambil tantangan untuk memenangkan persaingan).
Dalam hal ini, para karyawan
maupun tim manajemen diarahkan untuk selalu kreatif dan inovatif guna
menciptakan ide-ide baru yang bertujuan untuk mengembangkan perusahaannya dan
merespon permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi perusahaan. Karenanya,
untuk menumbuhkan jiwa intrapreneur dalam diri para karyawan. Berikut ini kami
informasikan beberapa tips bisnis yang bisa dijalankan untuk membangan
intrapreneuship dalam diri setiap karyawan.
Tanamkan pada karyawan bila
perusahaan tersebut milik mereka
Meskipun posisi mereka hanya
sebagai karyawan, namun mulailah mendidik mental mereka dengan rasa memiliki.
Strategi ini cukup penting, agar kepedulian para karyawan mulai tumbuh dalam
diri mereka dan tidak hanya sekedar menunggu instruksi atasan untuk bergerak
menyelesaikan sebuah pekerjaan. Pastikan bila setiap karyawan memiliki visi,
misi, dan mimpi besar yang sama dengan perusahaan, sehingga mereka bisa
mencapai kesuksesan bersama dengan kemajuan perusahaan.
Berikan sebuah tanggung jawab
pada setiap karyawan
Untuk melihat kemandirian,
inisiatif, serta prestasi kerja karyawan Anda, ada baiknya bila Anda memberikan
sebuah tantangan atau tanggung jawab bagi setiap karyawan, sesuai dengan minat
dan bakat yang Ia miliki. Tentukan pula deadline atau target waktu yang Anda
berikan untuk menyelesaikan tugas tersebut, dan lihatlah hasil akhirnya.
Apabila mereka selalu berhasil mengerjakannya dengan tuntas, bisa dikatakan
jiwa intrapreneur mulai tumbuh dalam diri karyawan Anda.
Jadilah sekelompok orang yang
kreatif dan inovatif
Seperti halnya para entrepreneur
yang selalu jeli dalam melihat sebuah peluang, para karyawan juga dituntut
untuk kreatif dan inovatif dalam memajukan perusahaan. Jika biasanya seorang
entrepreneur melihat hambatan sebagai peluang, maka sebagai karyawan Anda juga
bisa memanfaatkan kreativitas serta inovasi Anda untuk menyumbang ide-ide baru
yang menghasilkan keuntungan. Contohnya saja seperti menciptakan sebuah produk
baru, atau merencanakan strategi pemasaran yang unik untuk mendongkrak omset
penjualan perusahaan tersebut.
Nah, setelah membahas ketiga tips
bisnis di atas. Kini giliran Anda untuk menerapkannya langsung di lapangan, dan
mendapatkan hasil maksimal setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam
sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih