Sukses Marketing, Pahami Dulu Rahasianya
Banyak yang bilang memahami ilmu marketing itu
gampang-gampang susah. Dikatakan gampang karena tebukti tidak sedikit para
marketer yang berhasil mengantarkan bisnisnya memenangkan persaingan pasar.
Namun, tak bisa kita pungkiri pula bila sekarang ini banyak pelaku pasar yang
menemui jalan buntu, hingga akhirnya mereka menyerah di tengah jalan karena
strategi pemasaran yang dijalankannya belum memberikan dampak maksimal bagi
perkembangan roda bisnisnya.
Pengalaman seperti ini tentu sudah sering kita temui di
lapangan. Lalu, bagaimana caranya agar
pemasaran bisnis kita bisa terhindar dari jalan buntu? Pada kesempatan
kali ini sengaja kami informasikan kepada para pembaca mengenai empat faktor
penting yang perlu diperhatikan dalam menjalankan strategi marketing.
1. Kenali perilaku
konsumen Anda
Ibarat kata orang “Tak kenal maka tak sayang.” Dalam
berbisnis pun Anda juga harus mengenal konsumen terlebih dahulu, sebelum
akhirnya mendapatkan perhatian dari mereka. Faktor ini cukup penting, agar Anda
tidak salah sasaran dalam memberikan penawaran. Misalnya saja Anda membidik
konsumen anak muda, maka penawaran yang Anda lempar juga harus sesuai dengan
karakter anak muda yang biasanya cenderung dinamis, fun, dan enerjik.
2. Datanglah pada
waktu yang tepat
Selain mengenali karakter setiap konsumen, faktor kedua yang
perlu Anda perhatikan adalah memperhitungkan waktu atau momentum dengan cermat,
tepat dan cepat. Meskipun Anda mempromosikan produk dengan sangat meyakinkan,
namun bila Anda menawarkannya di waktu yang kurang tepat, maka hasil yang
didapatkan juga belum bisa maksimal. Contoh sederhana bisa Anda lihat dari
pengalaman para pedagang es (minuman dingin) di musim penghujan, tentunya omset
yang mereka dapatkan tidak sebanyak omset penjualan di musim kemarau (panas).
Karena itu, pahami momentum yang ada dan tawarkan produk yang sekiranya
potensial.
3. Berikan
penawaran yang produktif
Faktor ketiga adalah memberikan penawaran yang produktif
bagi konsumen. Yang dimaksudkan produktif disini yaitu mencakup kualitas produk
yang ditawarkan, memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan target pasar
yang dibidik, serta memperhatikan kreativitas para pelaku pasar dalam menyusun
strategi promosi yang menarik.
4. Sampaikan pesan
dengan efektif
Yang terakhir, perhatikan komunikasi pemasaran yang Anda
sampaikan kepada calon konsumen. Poin ini menjadi salah satu faktor penting
yang menentukan sukses tidaknya penawaran yang Anda sampaikan. Bila Anda bisa
menyampaikan pesan dengan baik, maka tidak menutup kemungkinan bila pada
akhirnya konsumen akan melakukan transaksi pembelian. Sekarang ini konsumen
sudah sangat cerdas, karena itu bangun komunikasi dua arah agar keterikatan
konsumen dengan Anda selaku marketer bisa terjalin dengan baik.
Semoga informasi tips pemasaran yang mengangkat sukses
marketing pahami dulu rahasianya ini, bisa memberikan manfaat bagi para pembaca
dan membantu para pemula untuk mengoptimalkan pemasaran bisnisnya. Mulailah
dari yang kecil, mulai dari yang mudah, mulai dari sekarang. Salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih