Tips Pemasaran Membidik
Konsumen Anak Muda
Mengamati perkembangan trend
pasar anak muda, memang seakan-akan tak pernah ada habisnya. Bahkan bila kita
amati secara teliti, hampir setiap bulan ada saja trend baru yang digandrungi
para anak muda atau ABG di Indonesia. Entah itu perubahan gaya fashion, aneka
menu makanan dan minuman, jenis perawatan dan kecantikan, produk hiburan, serta
beberapa jenis produk lain yang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari para
anak muda.
Kondisi ini tentunya cukup
potensial bila dibidik para pengusaha sebagai target pasar yang cukup
menguntungkan. Namun, selain memberikan keuntungan besar bagi para pelaku
usaha, perubahan trend pasar anak muda yang cenderung cepat berubah ini
memberikan tantangan besar bagi para pelaku usaha untuk menghadapi persaingan
pasar yang semakin hari kian beragam.
Karenanya, untuk menghadapi
ketatnya persaingan di bisnis yang membidik konsumen anak muda sebagai pasar
potensialnya. Berikut ini kami informasikan beberapa tips pemasaran membidik
konsumen anak muda yang bisa Anda praktekan dalam menjalankan sebuah usaha.
Lakukan survey pasar dengan
melibatkan anak muda secara langsung
Untuk mengetahui minat dan
kebutuhan anak muda zaman sekarang, tentunya Anda harus terjun langsung ke
lapangan dan melakukan survey pasar untuk mendapatkan data pendukung yang
benar-benar akurat. Dalam survey tersebut Anda bisa melibatkan para responden
yang berasal dari kalangan anak muda, misalnya saja dari yang berusia 14 tahun
(ABG) sampai remaja yang menginjak usia 24 tahun. Lakukan wawancara secara
langsung untuk mendapatkan data akurat dari lapangan, adakan kegiatan promosi
yang mengikutsertakan konsumen secara langsung, dan amati kebiasaan mereka
untuk mengetahui kegemaran yang mereka senangi.
Buatlah produk yang limited
edition
Sebagian besar pengusaha distro
berhasil meraih sukses, karena mereka menciptakan produk-produk limited edition
untuk memberikan pelayanan spesial kepada para konsumennya. Melalui desain
produk yang terbatas, secara tidak langsung produsen ingin memberikan nilai
tambah pada produk tersebut, sehingga kualitas produk yang Anda tawarkan tidak
sama dengan produk-produk lainnya yang ada di pasaran. Hal inilah yang
menjadikan produk-produk distro diminati konsumen anak muda, karena desain yang
ditawarkan terlihat lebih eksklusif dan menghadirkan kreativitas yang cukup
tinggi.
Update terus produk Anda untuk
menghindari kebosanan konsumen
Selain menghadirkan produk
unggulan dengan desain limited edition, tentunya Anda juga dituntut untuk selalu update dalam memenuhi selera
konsumen. Gaya hidup anak muda yang cenderung serba dinamis, menjadikan mereka
cepat bosan dengan sebuah produk yang biasa (monoton). Sehingga tidak heran bila
mereka lebih senang mencoba produk-produk baru yang menawarkan keunikan dan
keunggulan lebih menarik. Kebiasaan seperti ini sering kita lihat ketika
kalangan anak muda sedang memilih produk fashion, memilih program hiburan,
maupun mencicipi produk kuliner unik yang memancing rasa penasaran mereka.
Rangkul komunitas tertentu untuk
membangun loyalitas konsumen
Meskipun segmen pasar anak muda
tergolong masih sangat labil dan cepat bosan dengan sebuah produk, namun tidak
menutup kemungkinan Andapun bisa menjaringnya sebagai konsumen setia Anda. Yang
terpenting adalah rangkul komunitasnya agar mereka tidak segan-segan ikut
mempromosikan bisnis Anda kepada masyarakat luas. Cobalah dengan mensponsori
kegiatan komunitas yang mereka jalankan, dan jadikan mereka sebagai partner
bisnis Anda agar loyalitas mereka mulai terbangun dengan sendirinya.
Manfaatkan brand ambassador yang
digemari kalangan anak muda
Terakhir, Anda bisa memanfaatkan
beberapa tokoh yang cukup populer atau public figure yang sedang digandrungi
anak muda zaman sekarang, sebagai brand ambassador dari produk yang Anda
tawarkan. Strategi ini cukuplah efektif, sebab tidak hanya bisa meningkatkan
nilai tambah produk Anda namun juga bisa memancing rasa penasaran para
konsumen.
Dengan memahami kebiasaan dan
kegemaran para remaja, kedepannya diharapkan pemasaran bisnis Anda bisa
berkembang lebih maksimal dan omset penjualan yang didapatkan bisa meningkat
pesat setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih