Langkah Strategis Memperluas
Bisnis Franchise
Menjamurnya bisnis franchise di
Indonesia, menjadi salah satu bukti nyata bagi kita semua bahwasannya jumlah
entrepreneur di negara kita semakin hari kian meningkat pesat. Bahkan bisa
dikatakan sekarang ini sedikitnya ada 1.000 lebih bisnis franchise yang
berkembang di Indonesia dengan jumlah outlet sekitar 40.000, serta mampu
menyerap tenaga kerja sekitar 700.000 sampai 1 juta orang setiap tahunnya.
Kondisi ini tentunya tidak hanya
memberikan kabar gembira bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia, namun juga
menginformasikan kepada kita semua bahwa peluang bisnis franchise di negara
kita masih memiliki prospek pasar yang sangat bagus. Karena itu, untuk
mendatangkan untung besar setiap bulannya. Tidak ada salahnya bila Anda pun
mulai merancang sebuah usaha dengan konsep yang cukup matang dan mengembangkan
bisnis tersebut dengan sistem kemitraan.
Untuk membekali para pemula dalam
mengembangkan bisnis kemitraan (franchise). Pada kesempatan kali ini akan kami
informasikan empat langkah strategis yang perlu Anda perhatikan sebelum
memperbanyak gerai franchise.
Pertama, analisa gerai yang sudah
ada. Sebelum melakukan ekspansi dan memperbanyak jumlah gerai, pastikan Anda
telah melakukan analisa internal untuk mengetahui seberapa besar kinerja gerai
yang sudah ada. Apabila terbukti sudah ada sekitar 70% gerai Anda yang berhasil
mencapai target atau melebihi sasaran, maka bisa dikatakan bisnis franchise
Anda tergolong sukses dan sudah sangat siap untuk dikembangkan lebih luas lagi.
Kedua, hindari persaingan
internal. Yang dimaksudkan dengan persaingan internal adalah kompetisi antar
gerai-gerai franchise yang Anda miliki. Tak bisa kita pungkiri bila sekarang
ini tidak hanya persaingan dari kompetitor luar saja yang diwaspadai para
franchisee (mitra), namun mereka juga bersaing dengan pesaing internal
(franchisee sejenis) yang membuka gerai di sekitar areanya. Untuk itu, setiap
melakukan penambahan gerai, usahakan untuk selalu menyasar target pasar baru,
sehingga tidak terjadi pencaplokan pasar antar franchisee.
Ketiga, jaga keseimbangan antara
support dan ekspansi. Sebagai seorang franchisor, tentunya Anda dituntut untuk
selalu adil dan seimbang dalam menjalankan operasional manajemen. Contohnya
saja dengan menyeimbangkan antara support bagi gerai-gerai yang sudah ada,
tanpa lupa menyiapkan strategi ekspansi untuk membuka gerai-gerai baru.
Meskipun begitu, sayangnya sampai hari ini masih banyak franchisor yang terlalu
fokus memikirkan ekspansi gerai, sehingga para franchisee yang terdahulu tidak
ditanggapi secara optimal dan kinerja gerainya mengalami penurunan hingga akhirnya
gulung tikar.
Keempat, mempertahankan
positioning produk. Selain memperkuat manajerial, penting bagi Anda untuk
mempertahankan positioning produk franchise yang Anda tawarkan. Setiap produk
tentunya memiliki siklus hidup masing-masing, sehingga Anda harus mengetahui
produk apa saja yang memiliki waktu hidup cukup lama dan produk mana saja yang
siklus hidupnya telah habis. Karena itu, evaluasi produk secara berkala agar
produk yang Anda tawarkan diminati para konsumen.
Semoga informasi tips bisnis yang
mengangkat tentang langkah strategis memperluas bisnis franchise ini bisa
memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh
masyarkat Indonesia untuk segera memulai usaha. Maju terus bisnis franchise
Indonesia dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih