7 Strategi Bisnis Yang Wajib
Dimiliki Entrepreneur
Menjamurnya berbagai peluang
usaha baru di Indonesia, ternyata tidak hanya menuntut kreativitas dari para
pengusaha untuk terus bisa berkarya, namun juga mengharuskan sebagian besar
dari mereka untuk mulai menyusun beberapa strategi bisnis yang jitu guna
memenangkan persaingan yang ada. Ketatnya persaingan pasar, dan munculnya para
pemain baru di berbagai penjuru negeri, membuat sebagian besar pelaku usaha di
Indonesia harus siap bersaing dengan pelaku usaha lainnya guna mempertahankan
eskistensi kerajaan bisnisnya.
Karenanya, untuk membantu para
pemula maupun para pelaku usaha dalam mempertahankan eksistensi bisnisnya,
berikut ini kami informasikan 7 strategi bisnis yang wajib dimiliki
entrepreneur sebelum akhirnya mereka terjun di tengah ketatnya persaingan
pasar.
1. Berani berpikir kreatif dan
segera mulai melangkah.
Modal utama yang perlu dimiliki
seorang entrepreneur sukses adalah berani berpikir kreatif dan mewujudkan
ide-ide gila yang telah mereka ciptakan. Modal kreatif saja ternyata tidaklah
cukup. Sebagai seorang pengusaha, tentunya Anda dituntut untuk segera mulai
melangkah dan menemukan cara paling efektif untuk segera mewujudkan mimpi-mimpi
besar yang telah dicita-citakannya.
2. Mulailah dari lingkungan Anda
Tak jarang para pemula bersikap
terlalu berlebihan dalam mencari sebuah ide bisnis. Mereka sering menginginkan
bisnis yang bonefit, menghasilkan banyak keuntungan, namun tidak membutuhkan
modal besar. Padahal, untuk menciptakan peluang bisnis yang potensial Anda bisa
memulainya dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Contohnya saja
seperti ide sang pengusaha sukses dari Grobogan yakni Rustono, yang sekarang
ini berhasil menjadi juragan tempe di negara maju seperti Jepang.
3. Tetapkan biaya produksi yang
proposional
Sebagai seorang pelaku usaha,
tentunya Anda harus lebih jeli dalam menganggarkan biaya pengeluaran dan menyiapkan
strategi pemasaran jitu untuk bisa mendatangkan penghasilan yang maksimal.
Sebisa mungkin tekan biaya produksi agar harga jual yang Anda tawarkan kepada
konsumen bisa terjangkau, dan keuntungan yang didapatkan semakin hari kian
berlipat-lipat. Strategi inilah yang berhasil mengantarkan kesuksesan Waroeng
Steak and Shake, karena dengan tagline “Bukan Steak Biasa”, sang pengusaha
berusaha menawarkan menu kuliner serba steak dengan harga jual yang bersahabat
dengan kantong konsumen yang rata-rata adalah para mahasiswa, pelajar, dan masyarakat menengah ke bawah.
4. Manfaatkan teknologi untuk
menjangkau pasar yang lebih luas
Perkembangan teknologi dan
informasi di era serba digital seperti sekarang ini, tentunya bisa Anda
manfaatkan dengan baik untuk menjangkan peluang pasar yang lebih luas. Bila
sebelumnya Anda belum menjamah pasar online untuk memasarkan produk Anda, maka
tidak ada salahnya bila mulai sekarang Anda mengoptimalkan penggunaan situs
jejaring sosial seperti facebook, twitter, blog, website, dan lain sebagainya
untuk mengurangi besarnya biaya iklan offline yang semakin tinggi serta
menjangkau calon konsumen di berbagai belahan dunia.
5. Terus kembangkan brand Anda
Tak bisa kita pungkiri bila
kekuatan sebuah brand masih sangat penting dalam mengembangkan sebuah usaha.
Oleh karena itu, terus hidupkan brand bisnis Anda dan jagalah reputasinya agar
semakin dikenal banyak orang dan disukai para pelanggan. Untuk menjalankan
strategi tersebut, Anda bisa melengkapi profil perusahaan Anda dengan sejarah
singkat mengenai pendirian usaha maupun kisah dibalik pembuatan produk unggulan
yang menjadi brand utama bisnis Anda.
6. Tumbuhkan bakat berwirausaha
Setiap orang bisa menjadi
pengusaha sukses apabila mereka mau dan mampu menumbuhkan bakat wirausaha yang
ada dalam diri mereka. Berbekal niat, semangat, dan tekad yang cukup kuat,
setiap orang bisa mendapatkan ilmu dan ketrampilan khusus tentang wirausaha
melalui buku-buku atau majalah bisnis yang beredar di pasaran, mengakses
informasi dari media internet, maupun bergaul dengan para pengusaha sukses yang
bisa memotivasi diri Anda untuk terus maju dan merintis sebuah usaha.
7. Siap menghadapi berbagai
resiko
Ketika menjalankan sebuah usaha,
hadirnya sebuah hambatan, tantangan, maupun berbagai kendala yang muncul di
tengah perjalanan usaha, menjadi salah satu resiko yang harus dihadapi para
pelakunya. Karenanya, untuk menghadapi resiko tersebut, pastikan bahwa semua
perencanaan bisnis Anda sudah dipersiapkan dengan matang agar munculnya sebuah
resiko bisa diminimalisir sekecil mungkin.
Nah, ini dulu sedikit informasi
tips bisnis yang bisa kami sampaikan kepada para pembaca. Semoga informasi ini
bisa memberikan manfaat bagi semua lapisan masyarakat dan membantu para pemula
yang tertarik menekuni dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih