Marketing Skill yang Dibutuhkan Pelaku UKM
Sebagai seorang pelaku bisnis, tentunya kita tidak hanya
dituntut bisa menciptakan produk-produk unik namun juga harus memiliki
kemampuan khusus dalam hal memasarkan produk. Seperti kita ketahui bersama,
pemasaran memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah usaha. Tanpa
didukung strategi pemasaran yang jitu, bisa dipastikan bila bisnis tersebut
tidak bisa berkembang dengan pesat dan omset yang didapatkan pastinya juga
belum bisa maksimal.
Oleh karenanya, marketing skill atau kemampuan dalam bidang
pemasaran harus dimiliki oleh setiap pelaku UKM. Lalu, kira-kira kemampuan apa
saja yang mereka butuhkan?
Berikut ini adalah beberapa keahlian khusus yang perlu
diasah para pelaku UKM, agar pemasaran bisnisnya semakin bersinar terang.
1. Ciptakan daya tarik tersendiri bagi konsumen
Ketika Anda telah membidik target konsumen, maka selanjutnya
berikan umpan menarik yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya saja Anda
membidik kalangan ibu rumah tangga sebagai sasaran pasar Anda, maka kebutuhan
yang paling banyak mereka cari adalah barang-barang pokok sehari-hari yang
dijual dengan harga cukup bersaing, atau menawarkan diskon besar-besaran untuk
menarik minat konsumen. Ingat, kuncinya adalah berikan solusi tepat bagi
permasalahan yang mereka hadapi.
2. Perkuat komunikasi guna membangun loyalitas konsumen
Keahlian di bidang komunikasi tentunya sangat dibutuhkan
seorang pelaku pasar. Melalui hubungan komunikasi yang baik, tidak menutup
kemungkinan bila kedekatan Anda dengan konsumen bisa bertahan hingga waktu yang
relatif cukup lama. Sehingga merekapun tidak segan-segan untuk semakin loyal
dengan produk-produk yang Anda tawarkan. Contoh sederhana dari poin ini bisa
dilihat langsung ketika Anda berbelanja kebutuhan sehari-hari, tentunya Anda
akan memilih sebuah warung atau toko yang pelayanannya baik, dan penjualnya
relatif ramah. Ketika komunikasi terjalin dengan baik, maka para konsumen pun
tidak ragu-ragu untuk menjadi pelanggan setia Anda.
3. Tuntaskan penawaran dengan menjadi seorang ahli
Untuk meyakinkan calon konsumen dan menuntaskan pemasaran
dengan baik, berusahalah untuk menjadi seseorang yang ahli dibidang tertentu
sebelum akhirnya Anda menjual produk atau jasa kepada calon konsumen. Misalnya
saja seperti keahliah para pelaku bisnis bengkel motor yang diperoleh dari
bekal pengetahuan dan pengalamannya di bidang otomotif dalam waktu yang cukup
lama, ternyata memberikan nilai positif di mata
para calon konsumen, sehingga pada akhirnya mereka tidak segan-segan
untuk mempercayakan permasalahan kerusakan motornya kepada bengkel tersebut.
Semoga sedikit informasi mengenai marketing skill yang
dibutuhkan pelaku UKM ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan
membantu para pemula untuk meningkatkan omset penjualannya. Maju terus UKM
Indonesia dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih