Tips dan Trik Mendongkrak
Pemasaran Bisnis
Untung besar setiap bulannya
tentu menjadi harapan bagi setiap pengusaha. Tidak heran bila beragam cara dan
strategi pemasaran pun dijalankan untuk mendongkrak pemasaran bisnisnya.
Meskipun begitu, terkadang
besarnya biaya pemasaran yang telah dikeluarkan para pengusaha tidak sebanding
dengan omset penjualan yang mereka datangkan. Bahkan tidak sedikit pelaku usaha
yang harus gigit jari menelan kerugian cukup besar untuk menutupi semua biaya
pemasaran.
Karena itu, untuk menghindarkan
Anda dari pemasaran bisnis yang kurang efektif. Berikut ini kami informasikan
beberapa strategi pemasaran bisnis yang membutuhkan budget minimum namun bisa
mendatangkan omset penjualan yang maksimum.
1. Manfaatkan perkembangan infonet
untuk memperluas pemasaran
Tak bisa kita pungkiri bila
pertumbuhan infonet yang semakin pesat, turut memicu keramaian lalu lintas
transaksi online di dunia maya. Bila dulunya masyarakat masih takut dan ragu
untuk melakukan pembelian secara online, belakangan ini mereka mulai percaya
dengan kredibilitas bisnis online dan semakin familiar dengan aktivitas jual
beli via internet. Karena itu, tidak ada salahnya bila Anda pun mulai
memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut untuk memperluas jangkauan pemasaran.
Jika dibandingkan dengan strategi
pemasaran tradisional (cetak brosur, pamflet, baner, spanduk, dll) yang memakan
biaya promosi cukup besar, pemasaran online bisa Anda jalankan dengan sangat
mudah dan murah. Sebab, yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan
selanjutnya Anda bisa mempromosikan bisnis tersebut melalui fasilitas gratisan
(jejaring sosial) maupun memanfaatkan fasilitas berbayar seperti membeli domain
untuk membuka toko online.
2. Penuhi kebutuhan konsumen
dengan konsep One Stop Shopping
Setiap konsumen pastinya tidak
ingin repot dalam memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan
pelayanan one stop shopping untuk mempermudah para pelanggan dalam memenuhi
semua kebutuhan.
Konsep seperti ini belakangan
mulai diterapkan para pelaku usaha untuk menarik minat konsumen, contohnya saja
seperti toko handphone di Indonesia yang sekarang ini mulai menggabungkan
antara pusat penjualan handphone dengan toko aksesoris handphone, jasa servis
handphone, hingga memberikan kemudahan kepada para konsumen untuk melakukan
pengisian pulsa. Dengan memberikan total pelayanan kepada konsumen Anda, maka
secara tidak langsung memperbesar peluang bagi Anda untuk membangun loyalitas
konsumen.
3. Carilah kelemahan kompetitor Anda
Dalam menjalankan sebuah usaha,
kehadiran kompetitor (pesaing) menjadi salah satu resiko bisnis yang tak bisa
terpisahkan. Karenanya, jangan pernah takut menghadapi persaingan pasar, dan
jadikan para pesaing Anda sebagai guru pembelajaran untuk meningkatkan
pelayanan.
Mulailah dengan melakukan
pengamatan untuk mengetahui kelebihan serta kelemahan pesaing, dan jadikan
kelemahan tersebut sebagai peluang bagi Anda untuk meningkatkan nilai tambah
(faktor pembeda) bagi bisnis Anda. Contoh sederhananya seperti, bila toko
obat/apotek lainnya hanya buka jam 10.00-21.00 setiap hari kerja, maka dr.
Gideon Hartono (pendiri Apotek K24) mengatasi persaingan tersebut dengan
membuka sebuah apotek dengan konsep unik yang melayani konsumennya 24 jam
nonstop dan tetap beroperasi meskipun di hari-hari libur.
4. Pancing respon pelanggan untuk
memperkuat brand bisnis Anda
Respon balik dari pelanggan
menjadi salah satu kekuatan yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan
pemasaran. Bahkan tak jarang para pelaku usaha sengaja menciptakan sebuah
keunikan tersendiri untuk memancing respon para pelanggan. Hal ini sangatlah penting,
mengingat respon positif dari para pelanggan menjadi aset bagi Anda untuk
memperkuat brand bisnis yang akan diangkat. Contohnya saja seperti kesuksesan
pemasaran produk Maicih yang berawal dari ketertarikan sekelompok remaja di
Kota Bandung, yang kemudian mulai menyebar luas ke seluruh penjuru nusantara
karena adanya penyebaran informasi melalui pemasaran word of mouth (dari mulut
ke mulut) hingga pada akhirnya memperkuat brand maicih di pasar regional maupun
tingkat nasional.
Semoga keempat tips dan trik
mendongkrak pemasaran bisnis yang telah kita bahas bersama, bisa memberikan
manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula untuk mengoptimalkan omset
penjualannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
mohon komentarnya untuk mengembangkan blog ini. terima kasih